Komentar Oda-sensei Atas Penghargaan Prefecture Honor Award dari Gubernur Kumamoto

Mungkin banyak yang belum tahu, Kumamoto merupakan kampung halaman Oda. Eiichiro Oda lahir di Kumamoto, 1 Januari 1975. 

Kumamoto tertimpa bencana alam Gempa Bumi pada 2016. Setelah kejadian itu, Kerusakan infrastruktur dilaporkan terjadi di seluruh wilayah Kyushu, di antaranya banyak rumah di Kumamoto yang ambruk, matinya jaringan air di Kumamoto, ambruknya bendungan di Nishihara, Kumamoto yang mengharuskan warga setempat dievakuasi, dan berhentinya jaringan kereta cepat Kyushu Shinkansen akibat kereta yang anjlok pascagempa.

Saat ini Kumamoto sedang dalam masa rekontruksi setelah gempa tersebut, Oda pun berkontribusi pada rekontruksi Kumamoto ini dan Gubernur Kumamoto memberikan Perfecture Honor Prize kepada Eiichiro Oda.

Diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris oleh sandman.
Dan diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia oleh NicoRobin29.

Berikut ringkasan tentang sertifikat yang diberikan sang gubernur dan komentar Oda-sensei atas penghargaan 

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Isi Sertifikat Prefecture Honor Award untuk Eiichiro Oda dari Gubernur Kumamoto:



Manga buatanmu yang berjudul One Piece sudah terkenal tidak hanya di Jepang tetapi di luarnegeri juga, Sama seperti SHP yang berlayar di lautan. One Piece bahkan masuk Guinness World Record.

Kumamoto, kampung halaman kita, saat ini sedang dalam masa pembangunan kembali setelah mengalami bencana alam gempa bumi. Dukungan dari SHP memberikan kami kekuatan untuk berdiri lagi dan melangkah maju esok hari.

Saya dan Penduduk Kumamoto benar-benar bangga atas karyamu yang memberi kami impian, kegembiraan, dan juga kekuatan untuk bangkit. 

Hari ini aku ingin memberimu Prefecture Honor Award untuk memperingati karyamu yang begitu luar biasa.


15 April 2018,
Ikuo Kabashima, Gubernur Kumamoto.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Komentar Eiichiro Oda atas penghargaan yang diberikan Gubernur:



Saat aku pindah ke Tokyo dari Kumamoto untuk menjadi seorang mangaka, aku merasa arogan sahingga aku tidak menyesal melupakan kampung halamanku, Kumamoto. Ini karena, pulang ke Kumamoto adalah sebuah kekalahan bagiku.

Jujur saja, aku bahkan berniat untuk tetap menggambar manga dan tidak menghandiri pemakamam mesikipun orang tuaku meninggal. Aku tidak menghargai orag tuaku. Aku tidak tahu apa artinya berusaha. Tetapi, aku tidak menyesali itu karena saat-saat putus asaku yang menjadikan diriku seperti sekarang ini. Satu yang wajib bagiku untuk membalas budi kepada orang tua dan kampung halamanku. 

Aku turut berduka kepada orang-orang yang mengalami penderitaan akibat gempa bumi di Kumamoto. Aku ingin tetap mendukung mereka sebisaku.

Mohon maaf aku tidak bisa menghadiri upacara penghargaan hari ini. Aku benar-benar merasa terhormat telah mendapatkan penghargaan ini.


15 April 2018,
Eiichiro Oda.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Oda-sensei tidak bisa menghadiri acara tersebut, mungkin karena kesibukan. Tapi diwakili oleh Editornya. Dan ohyaa, kabarnya Patung Luffy akan dipajang di kantor Prefektur.



Original posting by NicoRobin29 on Facebook Murders.

No comments:

Powered by Blogger.